1. Home
  2. »
  3. Publikasi
  4. »
  5. Hutan Produksi dan Pihak-Pihak yang Boleh Mengelolanya di Indonesia

Hutan Produksi dan Pihak-Pihak yang Boleh Mengelolanya di Indonesia

Hutan adalah salah satu aset alam yang sangat berharga bagi Indonesia. Selain sebagai tempat tinggal bagi berbagai flora dan fauna, hutan juga memberikan manfaat ekonomi yang besar. Salah satu jenis hutan yang penting dalam konteks ekonomi adalah hutan produksi. Apa sebenarnya yang dimaksud dengan hutan produksi, dan siapa yang berhak mengelolanya di Indonesia?

Apa Itu Hutan Produksi?

Hutan produksi merupakan jenis hutan yang dimanfaatkan secara berkelanjutan untuk keperluan ekonomi, terutama dalam produksi kayu dan hasil hutan non-kayu. Di Indonesia, hutan produksi memiliki peran penting dalam menyediakan kayu untuk keperluan industri, seperti pembangunan, perabotan, dan lain-lain. Selain itu, hasil hutan non-kayu yang dihasilkan dari hutan produksi juga mencakup berbagai produk seperti getah, rotan, dan rempah-rempah.

Hutan produksi dibagi menjadi beberapa kategori berdasarkan fungsinya, antara lain:

  1.   Hutan Produksi Terbatas (HPT): Hutan produksi yang dikhususkan untuk produksi kayu dengan cara tebang pilih, dimana penebangan dilakukan secara selektif untuk mempertahankan kelestarian hutan.
  2.   Hutan Produksi Tetap (HPT): Hutan produksi yang dikelola secara intensif dengan sistem penanaman ulang untuk memperoleh hasil kayu yang optimal dalam jangka waktu tertentu.
  3.   Hutan Produksi Yang Dapat Diperbaharui (HPH): Hutan produksi yang dikelola secara berkelanjutan dengan mempertimbangkan keseimbangan antara penebangan dan regenerasi alami hutan.

Siapa yang Berhak Mengelola Hutan Produksi di Indonesia?

Pengelolaan hutan produksi di Indonesia diatur oleh pemerintah melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Badan usaha, baik swasta maupun Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dapat mengajukan izin untuk mengelola hutan produksi sesuai dengan peraturan dalam UU No 41 ayat 2 yang mengatur tentang Pemegang izin usaha pemanfaatan hutan.

PT Wana Bakti Persada Utama (WPBU) merupakan salah satu perusahaan swasta yang diberikan hak kelola kawasan hutan produksi seluas 44.402 ha di Kawasan Ekosistem Penting (KEP) Wehea Kelay, Kalimantan Timur.

PT WBPU berkomitmen untuk menjaga keseimbangan antara produksi, konservasi dan tanggung jawab sosial yang memberi dampak pada kesejahteraan masyarakat di wilayah konsesi itu sendiri melalui praktik multi usaha dan pengelolaan hutan yang bertanggung jawab pada kelestarian alam.

Dalam setiap kegiatan produksinya, PT WBPU selalu bersinergi dengan masyarakat adat sekitar wilayah konsesi perusahaan.  Diharapkan, kehadiran PT WBPU di Tengah-tengah masyarakat adat di wilayah konsesinya, dapat memberikan dampak sosial dan ekonomi yang baik serta berkelanjutan, demi mewujudkan sinergitas yang positif antara perusahaan dan masyarakat.

Selain itu, masyarakat juga dapat terlibat dalam pengelolaan hutan produksi melalui skema Hutan Tanaman Industri (HTI) dan Hutan Tanaman Rakyat (HTR). HTI merupakan hutan produksi yang ditanami dengan jenis-jenis pohon yang memiliki nilai ekonomi tinggi, sedangkan HTR adalah hutan produksi yang dikelola oleh masyarakat setempat dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan kayu dan hasil hutan lainnya.

Keberadaan hutan produksi tentu sangat penting untuk memberikan manfaat secara ekonomi dengan tetap memperhatikan kelestarian alam. Kerjasama yang kokoh dan komitmen dari berbagai pihak baik pemerintah, swasta, maupun masyarakat sangat diperlukan untuk mengelola hutan produksi ini agar dapat selalu produktif dan menjadi warisan berharga untuk generasi mendatang.

 

 

Share :

Related Post

PT WBPU Salurkan Bantuan dalam Rapat Kerja Daerah  III Gereja Kemah Injil Indonesia Berau di Desa Long Keluh

PT WBPU Salurkan Bantuan dalam Rapat Kerja

Pada tanggal 11 Juni 2024, PT Wana Bakti Persada Utama (WBPU) mengambil

Penggunaan Teknologi LIDAR dan Logfisher dalam Penerapan Metode RIL-C di Hutan Produksi PT WBPU

Penggunaan Teknologi LIDAR dan Logfisher dalam Penerapan

Hutan produksi adalah salah satu aset penting bagi keseimbangan lingkungan dan keberlanjutan

PT WBPU Laksanakan Survei Area RKT 2025

PT WBPU Laksanakan Survei Area RKT 2025

PT Wana Bakti Persada Utama (WBPU) melaksanakan kegiatan survei di area Rencana